Laman

Jumat, 09 Juni 2017

UNSUR UNSUR DALAM TQM

Unsur2 dalam TQM

      FOKUS pada PELANGGAN
      Pelanggan terdiri dari Pelanggan External dan Pelanggan Internal, dimana keduanya merupakan unsur penggerak.
     Pelanggan eksternal menentukan kualitas produk atau jasa yang disampaikan kepada mereka.
     Pelanggan internal berperan besar dalam menentukan kualitas  tenaga kerja, proses, dan lingkungan yang berhubungan dengan produk atau jasa.

      OBSESI pada KWALITAS
      Dengan adanya kualitas yang telah ditetapkan, organisasi harus terobsesi untuk memenuhi atau melebihi apa yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini berarti bahwa semua karyawan pada tiap level berusaha melaksanakan setiap aspek pekerjaannya berdasarkan perspektif untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik.

      PENDEKATAN ILMIAH
      Pendekatan ilmiah diperlukan dalam penerapan TQM, terutama untuk mendesain pekerjaan dan dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan yang didesain tersebut.

      KOMITMEN JANGKA PANJANG
 TQM merupakan suatu paradigma baru dalam melaksanakan bisnis. Untuk itu, dibutuhkan budaya perusahaan yang baru pula. Oleh karena itu, komitmen jangka panjang sangat penting guna mengadakan perubahan budaya agar penerapan TQM dapat berjalan dengan sukses.

      KERJASAMA TEAM (TEAM WORK)
 Dalam organisasi yang menerapkan TQM, kerjasama tim, kemitraan dan hubungan dijalin dan dibina, baik antar karyawan perusahaan maupun dengan pemasok, lembaga-lembaga pemerintahan, dan masyarakat sekitarnya.

§  PERBAIKAN SISTIM SECARA BERKESINAMBUNGAN (CONTINUOUS IMPROVEMENT)
 Setiap produk atau jasa dihasilkan melalui proses-proses tertentu di dalam suatu sistem / lingkungan. Olehkarena itu, sistem yang ada perlu diperbaiki secara terus-menerus agar kualitas yang dihasilkannya dapat semakin meningkat.

§  PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
      Dalam menerapkan TQM, pendidikan dan pelatihan merupakan faktor yang fundamental untuk dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain, apalagi dalam era persaingan global.

§  KEBEBASAN YANG TERKENDALI
      Kebebasan berpendapat, saran, idea, yang timbul karena keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan hasil dari pengendalian yang terencana dan terlaksana dengan baik.

§  KESATU TUJUAN
      Agar TQM dapat diterapkan dengan baik, maka perusahaan harus memiliki kesatuan tujuan. Dengan demikian, setiap usaha dapat diarahkan pada tujuan yang sama.

§  KETERLIBATAN dan PEMBERDAYAAN KARYAWAN
      Keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan hal yang penting dalam penerapan TQM. Tujuan pelibatan dan pemberdayaan adalah untuk meningkatkan kemampuan organisasi untuk memberikan customer value.



TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Komponen
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Tujuan :
Perbaikan terus menerus, artinya mutu selalu diperbaiki &
disesuaikan dengan PERUBAHAN yang menyangkut kebutuhan
& keinginan para pelanggan
Prinsip :
Fokus pada Pelanggan, Perbaikan Proses & Keterlibatan Total
Elemen :
Kepemimpinan, Pendidikan & Pelatihan, Struktur Pendukung,
Komunikasi, Reward & Punishment, Pengukuran / Evaluasi

Definisi Total Quality
Ø Suatu cara meningkatkan performansi secara terus-menerus (continuous performance improvement) pada setiap level operasi atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi, dengan menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia.”
Ø Sistim terstruktur dengan serangkaian alat, teknik, dan filosofi yang didisain untuk menciptakan budaya perusahaan yang memiliki fokus terhadap konsumen, melibatkan partisipasi aktif pekerja, dan perbaikan kualitas terus-menerus dengan tujuan agar sesuai dengan harapan konsumen.”
Ø Inovasi manajerial yang menekankan komitmen  total  organisasi kepada pelanggan dan untuk terus-menerus melakukan perbaikan  setiap proses melalui penggunaan pendekatan pemecahan masalah, digerakkan oleh data, didasarkan pada pemberdayaan kelompok- kelompok dan tim-tim karyawan.”


Total Quality Management (TQM) (1)

Total Quality Management (TQM)
Latar Belakang :
Dalam persaingan yang semakin tajam, hanya perusahaan yang berkualitas yang mampu untuk memenangkan persaingan.
Kualitas menjadi hal utama yang menjadi titik fokus setiap perusahaan.
Berbagai hal dilakukan untuk meningkatkan kualitas yang diterapkan pada produk, pelayanan dan manajemen  perusahaan, demi menghasilkan produk & jasa dengan kualitas yang lebih baik, harganya lebih murah, penyerahan barang ke konsumen lebih cepat, pelayanan yang lebih baik dan promosi yang lebih efektife
Kualitas, bukan hanya kualitas produk, tetapi harus ditinjau dr segala aspek :
Ø Kualitas Bahan Mentah
Ø Kualitas Supplier
Ø Kualitas SDM yang mampu bekerja efisien sehingga harga produk bisa lebih murah
Ø Kualitas Proses
Ø Kualitas Pelayanan
Ø Kualitas Promosi yang efektif (bermutu) sehingga mampu memikat para pelanggan / calon pelanggan

Kesemuanya ini pada gilirannya akan meningkatkan jumlah pelanggan
lebih efektif








Selasa, 30 Mei 2017

Tugas Dan Tanggung Jawab GM




SQUENZ OF SERVICE ( DURRING OPERATIONAL ) F&B SERVICE DEPARTEMENT



Flowchart Restaurant

Flowchart :
  1. Sebagai Dokumentasi Prosedur Kerja dalam ISO
  2. Sebagai pedoman untuk menjalankan Operasional
  3. Sebagai pedoman untuk melakukan pelatihan terhadap Karyawan baru
  4. Sebagai benchmark (patokan)
  5. Sebagai Peta kerja untuk mencegah terjadi kehilangan arah
  6. Untuk mempermudah pengambilan keputusan