Laman

Jumat, 18 September 2015

RESTAURANT MANAGER

JOB DESCRIPTION

JOB TITLE
RESTAURANT  MANAGER
DIVISION

DEPARTMENT
HUMAN RESOURCES
REPORT To
GENERAL MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
GENERAL MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES

A.      Directing & Executing

1.      Menjalankan  RESTAURANT BUSINESS PLAN yang tekah ditetapkan , termasuk staffing  (recruiting, training, councelling, waging & supervising) and stuffing (barang2 yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan operasional)

2.      Menjalankan TARGET & PROYEKSI :
a.       Sales dan profit
b.      Marketing strategi
c.       Budget Keuangan

3.      Menyiapkan laporan secara periodic (mingguan) termasuk staff control, food  & bev control, cost control, inventory control dan sales
4.      Menjalankan & mengorganisir marketing strategi yang telah ditetapkan termasuk juga event2 promosi & skema discount untuk meningkatkan jumlah customers dan sales Meng-handle kebutuhan dan complaints customers
5.      Menjalankan dan memastikan seluruh kegiatan operasional dijalankan sesuai kebijakan dan SOP yang telah ditetapkan
6.      Menjaga stock barang2 kebutuhan & melakukan pembelian sesuai perencanaan
7.      Secara umum bertanggung jawab terhadap operasional restaurant
8.      Secara berkesinambungan menetapkan dan menerapkan perbaikan system
9.      Secara berkesinambungan menyiapkan product development

JOB SUMMARY

A.     Daily
1.      Mengadakan Morning Dept. Head  briefing untuk kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya.
2.      Memeriksa kesiapan dari seluruh departmen untuk setiap kegiatan operasional.
3.      Memeriksa dan membuat suatu evaluasi laporan harian mengenai hasil penjualan disetiap closing operation.
4.      Mengontrol, mengawasi, dan menyetujui pembeliaan barang atau bahan-bahan untuk kelancaran operasional.
5.      Mengkoordinir pengawasan/pemakain, pemeliharaan, dan perawatan barang-barang milik perusahaan yang ada disetiap unitnya dan menjadi tanggung jawab penuh unit tersebut.
6.      Melakukan komunikasi dengan marketing departmen untuk membuat informasi kemungkinan bisnis, konfirmasi, VIP Treatment dalam mendukung kelancaran kerja.
7.      Mengkoordinir pengawasan atas produk barang yang di jual, disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan perusahaan.
8.      Memberikan petunjuk dan pengaearahan bila ada persoalan yang timbul kepada seluruh departmen yang ada dibawahnya.
9.      Menganalisa dan mengevaluasi dengan hasil operational baik pendapatan ataupun pengeluaran dengan semua departmen head yang terkait.
10.  Memimpin atau membina para karyawan agar dapat melaksanakan kerja dan tugasnya agar mencapai hasil kerja yang maksimal.
11.  Mengontrol dan mengawasi hasil kerja bawahannyake seluruh bagian yang ada di setiap unit bisnis usahanya.
12.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan seluruh area dan bagian agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaanya.




B.     Weekly
1.      Membuat laporan, cost, dan expenses selengkap-lengkapnya untuk di laporkan ke General Manager dua hari sebelum meeting.
2.      Mengadakan  presentasi operational report untuk weekly meeting dengan  managen dan Board of Direktors
3.      Mengumpulkan data-data marketing seperti guest comment card, complaint report untuk diserahkan ke marketing Dept, dan dibahas setiap 2 minggu di head office.
4.      Meneliti dan menganalisa efisiensi kegiatan seluruh departmen yang berhubungan dengan sales, cost, expense, keselamatan kerja, sanitasi dalam meningkatkan performance kerja yang optimal.
5.      Mengkoordinir pengawasan dan memberikan bimbingan kepada seluruh karyawan agar dapat bekerja dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
6.      Menyususn dan membahas rencana anggaran pendapatan dan biaya dengan semua departmen yang dibawahnya.
7.      Merencanakan dan menentukan suatu tindakan yang harus diambil berdasarkan atas hasil analisa dan evaluasi agar dapat sesuai dengan rencana anggaran biaya yang telah ditentukan perusahaan.
8.      Secara rutin mengadakan rapat dengan Dept. Head untuk membahas kelancaran operational.
9.      Membahas saran yang diperoleh atau yang diberikan oleh semua tamu dengan Dept. Head dengan tujuan memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua tamu yang dapat meningkatkan citra perusahaan.
10.  Membuat operational report mengenai produktifitas dan efisiensi disetiap departmen.
11.  Mengadakan kerja sama dengan leader chef untuk membuat program chef suggestion.

C.     Periodically
1.      Merencakan event-event yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan hasil penjualan baik restoran maupun banguet paling tidak dua sampai tiga bulan sekali.
2.      Mengadakan perencanaan untuk perubahan menu dengan chef incharge koordinasi dengan Executive chef Head Office.
3.      Melakukan analisa efisiensi dan produktifitas kerja untuk setiap departmen yang harus dilakukan ke Head Office setiap bulan sekali.
4.      Mengadakan inventarisasi atas barang-barang milik perusahaan secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik.
5.      Membuat penilaian atas hasil prestasi kerja seluruh karyawan yang ada disetiap unit bisnis usahanya.
6.      Membuat suatu perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas setiap barang-barang milik perusahaan dalam rangka penambahan atau peningkatan dengan tujuan memberikan pelayanan atas setiap pelanggan dan citra perusahaan.
7.      Melakukan peninjauan serta menganalisa terhadap pesaing-pesaing terdekat dengan bisnis unit usaha untuk memperoleh atau mengetahui kegiatan pesaing dalam mengantisipasi perkembangan usaha dari competitor.
8.      Menyambut kedatangan tamu VIP dan memberikangreeting serta mengantar ke ruangan yang telah disediakan.


Menghadiri kegiatan meeting dalam segala aspek operational dan management sesuai dengan kebutuhan dari managen dan Board of Direktor.
JOB REQUIREMENT
A.     Back Ground Education
Pendidikan minimal akademi perhotelan D3 dengan di titik beratkan operational dan supervisory di food & beverage department, termasuk production, service dan management, menguasai bahasa inggris baik verbal/non verbal, hotel accounting dan pengetahuan umum.

B.     Working/Training Exerience
1.      Pengalaman kerja
Dibidang food production atau F&B Service selama minimal 3 tahun.
2.      Training
F&B Production, F&B Service, Accounting, Sales, & Marketing.

C.     Personal Skills
1.      Management Skill
-          Dapat membuat perencanaan untuk operational
-          Dapat membuat suatu analisa hasil kerja
-          Dapat menggunakan waktu yang maksimal
-          Dapat mengembangkan bawahan
-          Dapat menjalankan Visi & Misi perusahaan

2.      Technical Skill
-          Memiliki pengetahuan mengenai restaurant operational secara keseluruhan
-          Pekerja keras, berkepribadian baik dan mampu bekerja dalam tim
-          Menguasai cost control
-          Memiliki kemampuan untuk menyusun konsep pemasaran sekaligus implementasinya

3.      Physical Skill
-          Mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama
-          Mampu bertahan untuk berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama

4.      Equipment Moperated Skill
-          Computer/Laptop

D.     Report System
-          Market History
-          Operational Report
-          Business Analysis
-          Human Resources Report


Tidak ada komentar: