Laman

Jumat, 18 September 2015

Fungsi Grooming

Dalam kehidupan sehari-hari, apapun kegiatan kita selalu dihadapkan pada tata aturan dalam melakukan sesuatu yang diuraikan dalam tahap-tahap kegiatan atau langkah-langkah pelaksanaan suatu kegiatan. Setiap kantor memiliki tata aturan pelaksanaan kegiatan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis aktivitasnya, tetapi secara umum sering pula dijumpai kesamaan dalam langkah-langkah mengenai sesuatu kegiatan, inilah yang kita sebut dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)
Tata aturan yang dimaksud, diantaranya termasuk pentingnya grooming bagi perusahaan, terbukti grooming dapat mempengaruhi para pelanggan atau pengunjung, karena grooming bertujuan antara lain:
1. Penampilan pegawai mengatasnamakan suatu lembaga atau perusahaan, sehingga penampilan pegawai harus disukai oleh orang lain atau pelanggan
2. Penampilan pegawai mencerminkan kepribadian yang baik dan memberikan kesan positif dari pelanggan perusahaan
3. Penampilan para pegawai, agar selaras dengan nilai-nilai keindahan dan tata krama yang berlaku dalam kehidupan seluruh lapisan masyarakat
4. Menyadari bahwa kecantikan bukan semata-mata dari bentuk wajah saja, tetapi dari hati nurani yang tulus dan ikhlas, sehingga keluar pancaran kecantikan dari dalam (inner-beauty)

///......>>>>>KITCHEN GROOMING


STANDART GROOMING

qPengertian Grooming
Penampilan diri penting artinya bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai tenaga pelayanan, seperti : pegawai negeri, pelayan toko, tenaga penjualan, kalangan eksekutif bisnis, para pengajar atau instruktur dan sebagainya. Untuk berpenampilan serasi, menarik, resmi, sopan, luwes, sesuai dengan etiket dan tata krama pergaulan kantor
1. Kata groom menurut Kamus Bahasa Inggris Indonesia, artinya mengurus, merawat, rapi atau pelihara.
2.  Secara harfiah, grooming artinya penampilan diri.
3.  Grooming dalam penampilan prima adalah, penampilan diri tenaga pelayanan pada waktu bekerja
4.  Penampilan diri (grooming) sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi yang bekerja sebagai tenaga    pelayanan, seperti pegawai negeri, pelayan toko, tenaga penjualan, kalangan eksekutif bisnis, dan lain-lain, mereka tentu saja perlu berpenampilan serasi dan menarik
5.  Well groomed istilah Bahasa Inggris, yang digunakan untuk menggambarkan orang berbusana resmi dengan baik, menarik. Busana yang baik dan resmi itu berarti penampilan yang rapi, sopan, luwes, serasi dan menarik (personal apperance) sesuai dengan etika dan tata krama pergaulan....>>>Fungsi Grooming

SUPERVISOR

JOB DESCRIPTION

JOB TITLE
SUPERVISOR
DIVISION

DEPARTMENT
F&B SERVICE
REPORT TO
RESTAURANT MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
RESTAURANT MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES
A.    EMPLOYMENT
JOB SUMMARY
Supervaiser Restoran
 Secara administrasi dan  operasi, seorang Restaurant Supervisor bertanggung jawab atas kegiatan kelancaran operational di restaurant, Menyiapkan dan memastikan staff dan stuff yang tepat, sesuai dengan Business Plan

A.     TASK
1.      Menjalankan management function sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan oleh  General Manager atau Restoran Manager
2.      Melaksanakan tugas-tugas administrasi berjalanannya restoran
3.      Menjalankan, mengatur serta mengawasi jalannya operasional direstoran sesuai dengan standar operasional secara objective
4.      Menginventarisasikan dan mengontrol equipment & utensil yang ada di restoran
5.      Menjalankan kebijakan program kerja  GM dan RM  yang telah ditentukan untuk tercapainya tujuan dan kelancaran operasional
6.      Membuat suatu hubungan kerja yang baik antara capten  dan
7.      Melaksanakan pengembangan bisnis usaha ke arah yang lebih profesional dan maju sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan GM dan RM
8.      Membuat analisa kerja terhadap tenaga pelaksana ditinjau dari perusahaan, kebijakan SOP.

B.     Responsibility
1.      Bertanggung jawab terhadap kelancaran, keberhasilan operasional di F&B Service
2.      Bertanggung jawab dalam meningkatkan kedisplinan kerja terhadap tenaga pelaksana
3.      Menjaga standart of highest quality service dan product sesuai dengan standar yang berlaku
4.      Menjaga standart personal appearance, perilaku dan imege dari diri sendiri serta bawahannya
5.      Melaksanakan serta mendukung program yang telah ditetapkan
6.      Menjaga dan melaksanakan kelancaran hubungan “Guest Relation in all Guest Contact” dengan tenaga pelaksana






C.     Authorization
1.      Mempunyai wewenang dalam mengatur serta menegur bawahannya yang bekerja ditingkat pelaksana
2.      Mempunyai wewenang dalam mengkoordinir aktifitas yang sesuai dengan Job Assigment terhadap tenaga pelaksana
3.      Mempunyai wewenang member masukan evaluasi job performance tenaga kepada Dept. Head

JOB TASK

D.     Daily
1.      Mengadakan opening dan closing briefing staff untuk kegiatan yang dilakukan setiap hari
2.      Memeriksa kesiapan dari seluruh tenaga pelaksana di F&B Service setiap kegiatan operasional
3.      Membuat suatu evaluasi laporan harian mengenai hasil kerja dari jalannya kelancaran operasional F&B Service
4.      Mengontrol dan mengawasi jalannya kelancran operasional F&B Service di tingkat pelaksana
5.      Mengontrol dan mengkoordinir pengawasan jalannya kelancaran job assignment
6.      Melakukan komunikasi dengan Dept. Head untuk membuat informasi kemungkinan bisnis, konfirmasi/VIP treatment dalam mendukung pelaksanaan kelancaran kerja
7.      Menjaga mengawasan standar high quality atas produk dan service yang akan diberikan kepada tamu sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan
8.      Mengkoordinir serta mengawasi pelaksanaan pelayanan atas produk barang dan jasa yang di jual kepada tamu
9.      Memimpin/membina tenaga pelaksana untuk dapat melaksanakan kerja dan tugasnya agar mencapai hasil yang maksimal
10.  Mengontrol dan mengawasi hasil kerja tenaga pelaksana F&B Service
11.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan di seluruh area F&B Service agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaannya

E.      Weekly
1.      Membuat operasional Membuat operasional report mengenai produktifitas dan efisiensi terhadap tenaga pelaksana
2.      Mencatat dan melaporkan saran-saran yang diterima dari tamu untuk Dept. Head
3.      Mengecek kesiapan event berdasarkan banguet event order yang sudah dibuat oleh manager
4.      Mengkoordinir dan mengawasi pengadaan kebutuhan alat pendukung untuk operasional F&B Service operational (Guset Supply)


F.      Periodically
1.      Mengkoordinir, mempersiapkan dan melaksanakan event-event yang telah di tentukan untuk meningkatkan hasil penjualan baik restoran maupun banguet
2.      Melaksanakan dan mengawasi inventarisasi atas barang-barang yang di miliki F&B Service baik secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik
3.      Membuat laporan dan masukan kepada Dept. Head atas prestasi kerja seluruh tenaga pelaksana di F&B Service
4.      Melaksanakan perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas performance setiap tenaga pelaksana dengan tujuan untuk mencapai high quality of service atas setiap tamu
5.      Melakukan peninjauan serta analisa terhadap performance tenaga pelaksana
6.      Menyambut kedatangan tamu VIP/reguler dengan memberikan greeting serta mengantar ke ruangan yang telah di sediakan
7.      Menghadiri kegiatan meeting dalam segala aspek operasional dan management F&B Service sesuai dengan kebutuhan dari Dept. Head

WORKING RELATIONSHIP
A.     Pemangku jabatan di awasi oleh Deputy General Manager

B.     Pemangku jabatan mengawasi 56 orang :
Ø  Captain                                    : 4 orang
Ø  Greeter/Reception        : 4 orang
Ø  Waiter/ss                      : 16 orang
Ø  Food & Bev Runner    : 17 orang

Ø  Total                            : 41 orang

RESTAURANT MANAGER

JOB DESCRIPTION

JOB TITLE
RESTAURANT  MANAGER
DIVISION

DEPARTMENT
HUMAN RESOURCES
REPORT To
GENERAL MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
GENERAL MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES

A.      Directing & Executing

1.      Menjalankan  RESTAURANT BUSINESS PLAN yang tekah ditetapkan , termasuk staffing  (recruiting, training, councelling, waging & supervising) and stuffing (barang2 yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan operasional)

2.      Menjalankan TARGET & PROYEKSI :
a.       Sales dan profit
b.      Marketing strategi
c.       Budget Keuangan

3.      Menyiapkan laporan secara periodic (mingguan) termasuk staff control, food  & bev control, cost control, inventory control dan sales
4.      Menjalankan & mengorganisir marketing strategi yang telah ditetapkan termasuk juga event2 promosi & skema discount untuk meningkatkan jumlah customers dan sales Meng-handle kebutuhan dan complaints customers
5.      Menjalankan dan memastikan seluruh kegiatan operasional dijalankan sesuai kebijakan dan SOP yang telah ditetapkan
6.      Menjaga stock barang2 kebutuhan & melakukan pembelian sesuai perencanaan
7.      Secara umum bertanggung jawab terhadap operasional restaurant
8.      Secara berkesinambungan menetapkan dan menerapkan perbaikan system
9.      Secara berkesinambungan menyiapkan product development

JOB SUMMARY

A.     Daily
1.      Mengadakan Morning Dept. Head  briefing untuk kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya.
2.      Memeriksa kesiapan dari seluruh departmen untuk setiap kegiatan operasional.
3.      Memeriksa dan membuat suatu evaluasi laporan harian mengenai hasil penjualan disetiap closing operation.
4.      Mengontrol, mengawasi, dan menyetujui pembeliaan barang atau bahan-bahan untuk kelancaran operasional.
5.      Mengkoordinir pengawasan/pemakain, pemeliharaan, dan perawatan barang-barang milik perusahaan yang ada disetiap unitnya dan menjadi tanggung jawab penuh unit tersebut.
6.      Melakukan komunikasi dengan marketing departmen untuk membuat informasi kemungkinan bisnis, konfirmasi, VIP Treatment dalam mendukung kelancaran kerja.
7.      Mengkoordinir pengawasan atas produk barang yang di jual, disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan perusahaan.
8.      Memberikan petunjuk dan pengaearahan bila ada persoalan yang timbul kepada seluruh departmen yang ada dibawahnya.
9.      Menganalisa dan mengevaluasi dengan hasil operational baik pendapatan ataupun pengeluaran dengan semua departmen head yang terkait.
10.  Memimpin atau membina para karyawan agar dapat melaksanakan kerja dan tugasnya agar mencapai hasil kerja yang maksimal.
11.  Mengontrol dan mengawasi hasil kerja bawahannyake seluruh bagian yang ada di setiap unit bisnis usahanya.
12.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan seluruh area dan bagian agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaanya.




B.     Weekly
1.      Membuat laporan, cost, dan expenses selengkap-lengkapnya untuk di laporkan ke General Manager dua hari sebelum meeting.
2.      Mengadakan  presentasi operational report untuk weekly meeting dengan  managen dan Board of Direktors
3.      Mengumpulkan data-data marketing seperti guest comment card, complaint report untuk diserahkan ke marketing Dept, dan dibahas setiap 2 minggu di head office.
4.      Meneliti dan menganalisa efisiensi kegiatan seluruh departmen yang berhubungan dengan sales, cost, expense, keselamatan kerja, sanitasi dalam meningkatkan performance kerja yang optimal.
5.      Mengkoordinir pengawasan dan memberikan bimbingan kepada seluruh karyawan agar dapat bekerja dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
6.      Menyususn dan membahas rencana anggaran pendapatan dan biaya dengan semua departmen yang dibawahnya.
7.      Merencanakan dan menentukan suatu tindakan yang harus diambil berdasarkan atas hasil analisa dan evaluasi agar dapat sesuai dengan rencana anggaran biaya yang telah ditentukan perusahaan.
8.      Secara rutin mengadakan rapat dengan Dept. Head untuk membahas kelancaran operational.
9.      Membahas saran yang diperoleh atau yang diberikan oleh semua tamu dengan Dept. Head dengan tujuan memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua tamu yang dapat meningkatkan citra perusahaan.
10.  Membuat operational report mengenai produktifitas dan efisiensi disetiap departmen.
11.  Mengadakan kerja sama dengan leader chef untuk membuat program chef suggestion.

C.     Periodically
1.      Merencakan event-event yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan hasil penjualan baik restoran maupun banguet paling tidak dua sampai tiga bulan sekali.
2.      Mengadakan perencanaan untuk perubahan menu dengan chef incharge koordinasi dengan Executive chef Head Office.
3.      Melakukan analisa efisiensi dan produktifitas kerja untuk setiap departmen yang harus dilakukan ke Head Office setiap bulan sekali.
4.      Mengadakan inventarisasi atas barang-barang milik perusahaan secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik.
5.      Membuat penilaian atas hasil prestasi kerja seluruh karyawan yang ada disetiap unit bisnis usahanya.
6.      Membuat suatu perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas setiap barang-barang milik perusahaan dalam rangka penambahan atau peningkatan dengan tujuan memberikan pelayanan atas setiap pelanggan dan citra perusahaan.
7.      Melakukan peninjauan serta menganalisa terhadap pesaing-pesaing terdekat dengan bisnis unit usaha untuk memperoleh atau mengetahui kegiatan pesaing dalam mengantisipasi perkembangan usaha dari competitor.
8.      Menyambut kedatangan tamu VIP dan memberikangreeting serta mengantar ke ruangan yang telah disediakan.


Menghadiri kegiatan meeting dalam segala aspek operational dan management sesuai dengan kebutuhan dari managen dan Board of Direktor.
JOB REQUIREMENT
A.     Back Ground Education
Pendidikan minimal akademi perhotelan D3 dengan di titik beratkan operational dan supervisory di food & beverage department, termasuk production, service dan management, menguasai bahasa inggris baik verbal/non verbal, hotel accounting dan pengetahuan umum.

B.     Working/Training Exerience
1.      Pengalaman kerja
Dibidang food production atau F&B Service selama minimal 3 tahun.
2.      Training
F&B Production, F&B Service, Accounting, Sales, & Marketing.

C.     Personal Skills
1.      Management Skill
-          Dapat membuat perencanaan untuk operational
-          Dapat membuat suatu analisa hasil kerja
-          Dapat menggunakan waktu yang maksimal
-          Dapat mengembangkan bawahan
-          Dapat menjalankan Visi & Misi perusahaan

2.      Technical Skill
-          Memiliki pengetahuan mengenai restaurant operational secara keseluruhan
-          Pekerja keras, berkepribadian baik dan mampu bekerja dalam tim
-          Menguasai cost control
-          Memiliki kemampuan untuk menyusun konsep pemasaran sekaligus implementasinya

3.      Physical Skill
-          Mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama
-          Mampu bertahan untuk berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama

4.      Equipment Moperated Skill
-          Computer/Laptop

D.     Report System
-          Market History
-          Operational Report
-          Business Analysis
-          Human Resources Report