Laman

Jumat, 18 September 2015

GENERAL MANAGER



JOB TITLE
GENERAL MANAGER
DIVISION

DEPARTMENT
HUMAN RESOURCES
REPORT To
GENERAL MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED By
GENERAL MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED By
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES

A.     EMPLOYMENT
Planning & Directing (destination Potiton )
Bertanggung jawab atas implementasi kebijakan restoran dan memastikan berjalannya    peraturan yang telah disepakati serta kesesuaiannya dengan objektif dan strategi restoran sesuai target bisnis restoran secara menyeluruh.

1.      Menetapkan RESTAURANT BUSINESS  PLAN  melalui survey, analisa. evaluasi dan mengenali :
ü  Keinginan tamu (Customer))
ü  Trend yang ada
ü  Kompetisi / persaingan
Sesuai dengan   TUJUAN TARGET & PROYEKSI yang ditetapkan oleh PEMEGANG SAHAM

2.      Menyiapkan TARGET dan PROYEKSI
a)      Sales dan Profit
b)      Marketing Stategi
c)      Budget keuangan

3.      Menetapkan dan  memantau kontrol keuangan  ( food, beverage, service )
4.      Membuat program untuk menarik customers, mengembangkan dan menerapkan program pemasaran , periklanan dan hubungan masyrakat, mengevaluasi hasil program , mengidentifikasi dan melacak perubahan keinginan customers
5.      Mengembangkan dan menerapkan strategi meningkatkan belanja customer
6.      Menjaga operasional restaurant dengan menyiapkan kebijakan dan SOP serta menetapkan serta menetapkan standart produksi , produktivitas , kualitas produk dan service yang sesuai dengan aturan standart kebersihan, keselamatan dan efisiensi
7.      Mengontrol pembelian dan iventory serta mengambil tindakan korektif bila diperlukan
8.      Secara umum bertanggung jawab terhadap kinerja restoran
9.      Secara berkesimbungan  menetapkan dan menerapkan perbaikan system
10.  Secara berkesinambungan menyiapkan business development



Tanggung Jawab Utama
No
Uraian
Skala Waktu H/M/B/T
1
Merencanakan strategi implementasi atas kebijakan restoran  secara menyeluruh agar dapat dijalankan secara optimal
T/B
2
Memonitor pelaksanaan kebijakan dan strategi restoran  serta memastikan kelancaran pelaksanaannya agar dapat berjalan secara maksimal dan tepat
T/B
3
Mengontrol dan mengevaluasi implementasi strategi agar memperoleh masukan strategis sebagai usulan untuk kebijakan tahun berikutnya
B/M
4
Mengevaluasi dan menganalisa hasil implementasi strategi restoran  serta mencari usulan atas pemecahan masalah yang timbul
B/M
5
Mengarahkan fungsi setiap departemen dalam menjalankan strategi perusahaan
B/M
H : Harian, M : Mingguan, B : Bulanan, T : Tahunan

In                                                          Indikator
FinFinancial
:
1.
Area Pemasaran


2.
Pengeluaran


3.
Biaya Operasional


4.
Income


5.
Revenue


6.
Sales Turn Over


7.
Penggunaan Aset : Set Komputer dan Aset Fasilitas lainnya




No Non Financial
:
1.
Atasan Langsung : Direktur Utama


2.
Atasan Tidak Langsung : Komisaris


3.
Bawahan Langsung : Manager, jumlah : 1



Bawahan Langsung : Branch Manager, jumlah : 0


4.
Bawahan Tidak Langsung : Staff lainnya, jumlah : 106
Dimensi
1.
Memutuskan strategi  kebijakan per bulan dalam implementasi strategi per tahun
2.
Menangani masalah strategis dalam implementasi kebijakan perusahaan
3.
Memutuskan permasalahan tehnis strategis harian


JOB SUMMARY

A.     Daily
1.      Mengkoordinir pengawasan atas produk barang yang di jual, di sesuaikan dengan standar yang telah di tentukan oleh Perusahaan.
2.      Memberikan petunjuk dan pengarahan bila ada persoalan yang timbul kepada seluruh department yang ada.
3.      Menganalisa dan mengevaluasi dengan hasil kegiatan operasional baik pendapat ataupun pengeluaran di restoran.
4.      Memimpin atau membina para karyawan agar dapat melaksanakan kerja dan tugasnyauntuk mencapai hasil kerja yang maksimal.
5.      Mengontrol pelaksanaan pelatihan yang dilakukan untuk semua staff atau disetiap departmen bersama operational manager.
6.      Membantu dalam melakukan pelatihan produk : Squance of service, telpon courtesy, dll.
7.      Membantu operational manager dalam pemilihan karyawan teladan di akhir bulan.
8.      Bersama operational manager mengontrol pembelian dan keluar masuknya barang di restoran.
9.      Bertanggung jawab keseluruhan mengenai semua bentuk pinjaman karyawan (kas bon) ke perusahaan
10.  Memberikan masukan bila di rasa perlu kepada department head guna kelancaran operasional.
11.  Bekerjasama dengan operational manager dalam pembuatan program promosi yang akan dilaksanakan untuk restoran.
12.  Bertanggung jawab terhadap administrasi perusahaan mengenal penggajian, dan absensi.
13.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan seluruh area dan bagian agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaannya


B.     Periodically

1.      Merencanakan event-event yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan hasil penjualan, baik restoran maupun banguet paling tidak dua sampai tiga bulan sekali.
2.      Melakukan analisa efisiensi dan produktifitas kerja untuk setiap departmen.
3.      Mengadakan inventarisasi atas barang-barang milik perusahaan secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik.
4.      Membuat penilaian atas hasil prestasi kerja seluruh karyawan yang ada.
5.      Membuat suatu perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas setisp barang-barang milik perusahaan dalam rangka penambahan atau peningkatan dengan tujuan memberikan pelayanan atas setiap pelanggan dengan citra perusahaan.
6.      Melakukan peninjauan serta menganalisa terhadap pesaing-pesaing terdekat dengan bisnis unit usaha untuk memperoleh atau mengetahui kegiatan pesaing dalam mengantisipasi perkembangan usaha dari competitor.


7.      Menyambut kedatangan tamu VIP dan memberikan greeting serta mengantar ke ruangan yang telah disediakan.

>>>>>>>>>>>>JOB DESK RESTAURANT MANAGER

Minggu, 11 Januari 2015

Membuat Menu (Daftar Menu) Usaha Restoran

Menu adalah alat penjualan paling utama bagi sebuah restoran. Meskipun demikian masih banyak pengusaha yang masih belum memahami pentingnya mensinkronkan desain menu dengan konsep restoran yang telah disusun.
Jika benar-benar serius dengan konsep dan branding usaha rumah makan Anda, maka Anda harus mendesain menu secara saksama. Berikut ini 7 langkah yang bisa Anda ambil serta faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan selama proses perancangan menu restoran yang akan Anda kelola.
1. Buatlah draft kasar / desain awal menu
Membuat desain awal sebuah daftar menu cukup sebatas melakukan pengelompokan makanan-minuman beserta prakiraan desain grafis yang sesuai dengan konsep rumah makan Anda.
a. Sesuaikan warna daftar menu dengan gaya restoran Anda.
Pemilihan warna sangat penting dalam mendesain sebuah daftar menu. Warna primer yang kuat (merah, biru dan kuning) sangat sesuai untuk rumah makan type casual dan fast-food. Jenis warna seperti ini merefleksikan suasana yang cepat dan energik sesuai dengan jiwa restoran cepat saji ataupun kasual. Sementara warna-warna kalem dan warna pastel mencerminkan suasana yang tenang. Warna ini sangat sesuai untuk rumah makan keluarga. Warna kalem juga membuat pengunjung merasa lebih rileks dan betah berlama-lama menikmati suasana rumah makan. Untuk memberikan sentuhan lebih berkelas bisa ditambahkan paduan warna hitam atau emas.
b. Pilihlah jenis dan ukuran huruf yang tepat.
Pemilihan jenis huruf (font) sangat penting agar daftar menu restoran Anda menjadi alat marketing yang efektif. Jenis huruf tertentu lebih sesuai untuk restoran cepat saji, sementara jenis huruf yang lain lebih sesuai untuk daftar menu rumah makan keluarga (family resto). Konsultasikan pemilihan jenis huruf ini saat berdiskusi dengan desainer grafis Anda.
Ukuran huruf juga sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi pemilik restoran keluarga. Pengunjung berusia lanjut akan mengalami kesulitan memilih makanan jika daftar menu dicetak dengan huruf-huruf berukuran kecil. Perbedaan ukuran huruf juga bisa dimanfaatkan untuk memperjelas pengelompokan jenis makanan.
c. Susun menu secara berurutan.
Selain mengelompokkan makanan dan minuman secara terpisah, susunlah daftar menu sesuai dengan pola makan yang ada. Jika restoran buka dari pagi hingga malam hari, maka letakkan menu sarapan pada posisi paling atas, diikuti makan siang dan makan malam.
Kemudian kelompokkan pilihan menu yang ada berdasarkan menu pembuka, menu utama dan menu penutup.
Untuk membuat daftar menu lebih menarik, bisa juga ditambahkan kelompok Menu Favorit (yang paling disuka pengunjung), Menu Kesukaan Anak, Menu Vegetarian atau Menu Special (menu andalan) dari restoran Anda.
2. Daftar Makanan dan Harga
Desain menu harus dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan pengunjung membaca harga dari masing-masing makanan dan minuman. Jangan sampai pengunjung dibuat kecewa atau kaget saat melakukan pembayaran, karena ternyata telah salah membaca harga makanan yang dipesan.
Penggunaan tanda mata uang (Rp atau $) sebaiknya juga dihindari agar daftar menu kelihatan lebih simple dan pengunjung dapat lebih fokus memilih makanan yang hendak dipesan. Beberapa restoran bahkan tidak menuliskan tanda ribuan (tiga angka nol di belakang) agar daftar menu kelihatan lebih clean and simple.
Harga merupakan salah satu kunci sukses bisnis rumah makan, oleh karenanya akan sangat bagus jika kita bisa menawarkan paket menu dengan harga yang lebih ekonomis dibanding menu reguler lainnya. Strategi ini tentunya lebih cocok untuk rumah makan kelas menengah ataupun lower-middle, di mana konsumen cukup sensitif terhadap faktor harga.
3. Buat deskripsi setiap nama makanan
Jika dalam daftar menu restoran Anda terdapat beberapa jenis makanan ataupun minuman yang jarang ditemui di tempat lain, sebaiknya Anda membuat deskripsi / informasi yang cukup jelas. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pengunjung dalam memilih makanan / minuman yang akan mereka pesan.
Jika rumah makan Anda terletak di daerah wisata dan banyak dikunjungi wisatawan asing, maka daftar menu beserta deskripsi masing-masing item harus dibuat minimal dalam 2 bahasa : bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Deskripsi makanan yang disusun dengan baik bisa menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Untuk itu lakukanlah studi agar Anda mampu menyusun deskripsi makanan yang mudah dipahami sekaligus mampu mengundang siapa pun yang membacanya.
4. Tambahkan foto secara saksama
Cara paling mudah membangkitkan selera makan adalah dengan menghadirkan imajinasi tentang makanan lezat. Sama dengan deskripsi makanan, foto-foto makanan yang didesain dengan bagus pun merupakan alat yang ampuh untuk membangkitkan selera makan pengunjung restoran.
Jika tidak menguasai teknik photography, sebaiknya Anda menyewa seorang photographer untuk menghasilkan foto-foto yang akan ditampilkan dalam daftar menu.
5. Jangan lupa memperhatikan hal-hal yang detail.
Pastikan tampilan setiap halamannya seimbang. Jangan sampai ada halaman yang terlihat kosong, sehingga terkesan kalau Anda tidak menawarkan banyak pilihan untuk satu kategori tertentu.
Jangan menggunakan lebih dari 3 jenis huruf pada menu, karena menu Anda akan terlihat terlalu ramai. Gunakan jenis huruf yang berukuran lebih besar untuk restoran yang kebanyakan konsumennya adalah orang lanjut usia. Pastikan spasi antar huruf tidak terlalu rapat. Orang akan cenderung untuk membeli jika mereka bisa membaca pilihan-pilihannya secara jelas.
6. Feedback dari calon pelanggan
Sebelum memutuskan desain akhir daftar menu restoran Anda, tidak ada salahnya untuk meminta pendapat dari seseorang yang tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda, misalnya teman atau saudara. Pastikan bahwa daftar menu yang akan Anda cetak cukup nyaman dibaca dan mudah dipahami.

7. Teliti ulang dengan seksama sebelum daftar menu naik cetak.
Baca ulang seluruh isi daftar menu secara teliti, dari cover depan hingga cover belakang. Ingat daftar menu merupakan satu dari garda depan pemasaran rumah makan Anda, setiap kesalahan yang ada akan menyampaikan pesan buruk perihal kualitas restoran Anda.

Rabu, 07 Januari 2015

Ide Sales



1. ½ Jam Discount
Buat program discount yang hanya berlaku setengah jam misal dari jam 5-5.30 dengan harga yang cukup ekstrim sehingga orang berbondong-bondong antri. Loh gimana ceritanya makanan ajah siap saji dalam setengah jam, nah itu urusan belakangan, yang penting rame dulu, biar orang pada antri-antri di jam 5, ntar buat kebijakan ajah yang udah pesan di jam 5 yah dapet diskon 50 persen.

2. Tweet and Discount
Setiap yang makan diberikan program tweet dan discount, dimana jika melakukan tweet akan mendapat discount sebesar misal 30 persen. Contoh “Wah enak banget nih sop buntut di warung @RajaBuntut , Makyuss abis”. Ingat. pas tweet pastikan ID @RajaBuntut nya diletakan setelah beberapa kalimat (agar semua follower si pen tweet membaca, jika diletakan di awal percuma karena jadi mention sifatnya). Ga perlu cantumkan no telepon biar orang jadi penasaran (taro juga boleh tentunya).

3. Ikuti Promo Discount Web
Sekaranga ada banyak discount web dengan base klien yang cukup besar seperti disdus.com nah boleh dicoba untuk mengikuti program promo mereka. Mekanismenya sederhana, kita memberikan discount misal sebesar 30 persen, nanti mereka akan promokan discount tersebut di website mereka. (kita akan dikenakan charge sesuai denga kebijakan dari disdusnya). Cara ini cukup efektif jika margin dari makanan yang kita jual cukup besar atau memang kita sedang ada budget promo.

4. Wowen’s Day
Buat hari khusus misalnya hari selasa (hari yang biasanya agak sepi) dengan programs Women’s Day, dimana jika pada hari itu wanita makan di tempat kita mereka akan mendapatkan special gifts atau discount khusus. Tambahkan lagi bila yang datang misalnya group cewe discountnya bisa lebih besar lagi sehingga kita bisa mengejar komunitas untuk datang.

5. Discount Sesuai Umur
Nah buat program discount sesuai umur, bagaimana jika datangnya banyakan? Nah umur yang paling tua lah yang dijadikan patokan discountnya. Kalo ngajak kakek neneknya gimana, yah udah resiko itu namanya haha. Lagian niat amat ngajak kakek-kakek demi discount.

6. Tambah Nasi Sepuasnya
Buat kebijakan di mana kalo makan bisa tambah nasi sepuasssss nya, kalo sanggup habisin sebakul yang silahkan. Orang indonesia merupakan penggemar nasi, jadi hal ini menjadi faktor yang cukup penting yang bisa membuat orang bakal sering datang.

7. Discount 30-50 Persen Semua Kartu Kredit
Nah ini biasa sih sebetulnya tapi .... yang tidak biasa sebetulnya kita berkerjasama dengan kartu kredit manapun (yah soalnya belom tentu mereka mau kalo tempat kita kecil dan belom terkenal) tapi biar kesannya tempat kita keren bisa pake kartu kredit.

8. Makan Sepuasnya, Bayar Seikhlasnya
Ini wong edan namanya, tapi boleh juga di lakukan untuk promosi awal jika baru buka untuk membuat kehoboan di kota Anda (itung-itungannya harus kenceng nih, misal daripada pasang billboard 300 juta mending alokasi budgetnya ke sini sehingga terjadi trial).

9. Layanan Antar 1 Jam
Jika tidak sampai dalam 1 jam maka makanan yang diantar gratis* (kok pake tanda bintang, yah itu namanya syarat dan ketentuan berlaku hehe, syaratnya kalo tidak terjadi force majure misal kecelakaan, Ban Pecah, Motor hilang dsb).

10. Gelas Terbesar di Indonesia
Nah biar heboh, coba cari atau pesan gelas minum yang besar sekali, tiap kali orang pesan Teh atau air putih antar dengan gelas tersebut, buat cerita ini adalah gelas teh manis. Air putih terbesar di Indonesia. Ingat orang indonesia suka sekali gossip/ cerita, nanti pasti terjadi cerita bersambung ke orang lain.

11. Karangan Bunga
Nah kalo baru buka, minta temen-temen sesama pebisnis kirim karangan bunga ucapan selamat, kalo perlu kita yang modalin karangan bunganya biar kesannya yang buka merupakan tempat yang keren dan punya banyak relasi hehe.

12. Harus Rame Sebulanan
Nah kalo buka tempat makan apalagi baru, pastikan selalu Rame Rame dan rame, ga boleh terlihat sepi walaupun sebentar. Jadi pastikan undang tuh semua teman, keluarga, handai tolan, mertua, selingkuhan dan semua penduduk kalo perlu (hehe bencanda) untuk makan dan nongkrong selama mungkin di cafe/ resto. Pastikan harinya juga di atur tiap undangan, jangan di hari yang sama. Gimana caranya biar mereka mau datang? Yah standartlah kasih diskon kalo perlu gratis, itung-itung biaya promosi oi.

13. Parkir Mobil
Ini sih strategi udah banyak sebenernya dibahas di mana-mana, singkat kata kita minta bapak, ibu, kakek, nenek, teman dan semua orang parkir mobilnya di cafe/ resto kira biar terlihat ramai, nah masalahnya kalo pas yang udah dateng liat sepi di dalemnya tetep ajah jadi ragu dan pasti kemudian berpikir “ah sialan dibooingin gua, tuh mobil2 pasti punya saudara2nya” hehe. Terserah sih nama juga usaha kalo mau di coba yah silahkan, gratis kok.

14. Gratis Buat yang Ultah
Nah ini program di mana buat yang ulang tahun bakal dapat special menu/ gifts kalo pas kebeneran makan di cafe/ resto kita. Yah paling standart dapet kue ultah, yang paling heboh semua tagihan di group yang sedang ultah dapet diskon hehe.

15. Bayar Influencer
Nah ini rada canggihan dikit nih (buat yang belom biasa twitter doang sih hehe), misal di A follower twitternya buanyakk banget, nah kita kontak dia buat iklanin cafe/ resto kita, kalimat iklannya kita yang buat tapi di yang tweet, misal “Wih abis makan @SotoSetan di dago, gile nikmat dan setan bener cabenya” .  Nah ini jangan tiap hari saran gue sih, misal per 3 hari tapi minta si A ngetwet dalam jarak yang berdekatan selang 10 menit (3x) biar kesannya heboh sendiri jadi followernya bener2 penasaran. Setelah 3 hari suruh tweet lagi, misal “Ga tahan buat ga balik lagi makan di @SotoSentan ini, siap2 lap pel buat keringat, hajarrrr” selang 10 menit “Habis 2 mangkok @SotoSetan dan 3 teh botol, sadis dan nikmat coi”selang 10 menit “ selang 10 menit, minta dia mention beberapa temennya “hoi @sadikayu @yuyunins lo pada mesti makan nih di @SotoSetan ga ada duanya deh.

16. Samperin Twazzup
Kalo maen twitter (please deh bisnis resto/ cafe ga maen twitter hehe), ada banyak aplikasi untuk memantau percakapan online yang spesifik, misal kita jualan bebek, nah pesaing kita katakanlah bebek Garank (hehe temen nih) dan bebek Van Java, kita penge tahu siapa ajah yang udah makan di sana, tinggal di search ajah di twazzup atau twitter, lihat timeline (history) percakapan orang-orang yang membicara dua brand tersebut, terus mention deh tuh orang, contoh “Wah cobain juga @BebekRasaSayang deh, dijamin kangen terus, lgi ada discount juga loh minggu ini”. Nah perpek khan, promo langsung ke orang yang makan bebek hehe.

17. Bayar Media Twitter
Kalo di bandung, mau cepat dikenal gampang pasang iklan ajah sebulanan di @infobdg (nih kontak personnya Opi 085624422232/ 087821930803, hehe bantu promo sekalian), dengan follower yang lebih dari setengah juta orang (500 ribu lebih) ini media yang sangat efekti buat promosi. Nah tapi jangan Cuma iklan begini “Telah dibuka resto bebek @BebekRasaSayang, buat reservasi hubungi 022-xxx.xxx” Hadoohhh capek deh buat iklan kaya begitu, berkonsep dikit kenapa misal “Wow rajanya bebek udah buka @BebekRasaSayang di dago 26, dateng kasih lihat twitter ini buat discount 50 persen”  Nah khan lebih sedikit bombastis dan ada penawaran “kasih liat tweetnya dan diskon”, seperti di awal gue bilang keluar biaya lah buat promo di awal.

18. Undang Artis
Undang beberapa artis buat makan gratis (batesin tapi jumlah undangannya, ntar dia bawa orang sekampung lagi, bisa koit kita haha). Nah sebelum mulai makan minta si artis photo bareng dulu (managernya mah ga usah di ajak wkwk becanda). Nah siapakan spot photo di depan cafe/ resto buat taro photo-photo artis yang udah makan, minta testimonialnya dan tanda tangannya sekalian. Abis itu minta si artis nge tweet juga (rayu-rayu ajah). Photo dan testimonialnya juga jangan lupa dimasukin ke website, di tweet dan di share di facebook kita.

19. Iklan Lowongan Kerja
Nah bener-bener mulai ga masuk akal khan idenya haha, denger dulu biasanya khan kita pasang iklan korang dengan format yah standartlah, ada tulisan Lowongan atau Dibutuhkan atau Kesempatan dll, baru abis itu baru lowongannya dan dibawah nama dan alamat pengiriman lowongan. Nah coba ganti formatnya dibagian paling atas tulis AYAM SADIS, TERENAK no. 2 DI BANDUNG mencari: (Nah baru deh lowongannya), dibagian paling bawah tulis baru alamat, telpon, twitter dan facebook sama promo (Bawa potongan lowongan ini dan dapetkan discount 30 persen makan di Ayam SADIS). Hhehehe sadiskan caranya.

20.Piara Sesuatu
Piaralah sesuatu yang legal dan unik yang bisa jadi cerita. Misal di resto/ cafe kita piara 10 iguana yang gede-gede, nah khan jadi bahan omongan tuh, lagi piara iguana khan ga mahal biayanya, hewannya juga Cuma diem ajah kerjanya dan lucu (wah ini subjektif yah haha). Ntar harapannya khan gampang orang ngomong “tuh makan ke sono ajah, lucu banyak iquana” hehe.

21. Unique Name
Coba bandingkan Bebek Bakar, Bebek Goreng, Bebek Panggang, standart banget khan namanya, iya kalo restaurant/ cafenya memang terkenal namanya ga jadi soal, lah kalo biasa-biasa ajah, habis deh ga ada “cerita” buat konsumen. Kalo namanya di ganti misal Bebek Negro, Bebek Ngamuk atau Bebek Pemalu (bakar enggak, goreng enggak khan pemalu namanya hehe), khan lebih punya cerita dari namanya ajah “eh lu udah cobain Bebek Ngamuk blom?” tuh pasti ngomongin bebek kita khan, ga pernah orang ngomong “eh lo pernah cobain bebek bakar blom?” lah bebek bakar di mana pasti pertanyaannya.

22. Group Discount
Diskon sejumlah group yang datang, misalnya kalo gua dateng ber 10 maka diskonnya 10 persen dan seterusnya, cuma yah harus dibatasi maksimal berapa orang hehe, nanti 1 sekolah dateng lebih dari 100 orang bisa berabeh khan jadi gratis malah resto/ cafenya harus bayar haha. Ini bisa efektif untuk menarik minta komunitas/ kelompok/ rombongan untuk dateng.

23. Kawin Gratis, Bayar Kalo Hamil
Nah ini saya pernah lihat di di the cost, edan yak. Intinya resto bakal biayain biaya pernikahan mulai dari catering, dekorasi dan bahkan mungkin undangan, yes all free, nah kalo teryata nanti hasil baru deh bayar (bisa full, bisa setengahnya) terserah kebijakan restaurant deh. Cuma tentu ada term dan condition, misal hanya untuk 5 pasangan, sebetulnya lebih diarahkan untuk menciptakan WOM dan Topic of The Town ajah biar heboh hehe.

24. Gratis Air Putih
Eh jangan salah yah, kamu bisa protes kalo jual air mineral lumayan marginnya khan modal 800 bisa jual 7000 ribu, lah ini kok malah di gratiskan. Kalo pernah ke bandung sudah pernah ke Suiz Butcher, Raja Sunda atau The Peak, percayalah air putih gratis di sana tapi lihat tempatnya emang pernah sepi? Ini hanya masalah psikologi, kalo dapat air minum berarti saya bisa beli yang lain misalnya tiramisu, soup dll. Jadi menurut saya ini strategi yang jitu sebetulnya.

25. Undang Blogger/ Media
Nah ini sarana yang cukup efektif untuk aktivitas promosi tentunya, kita hanya perlu menyiapkan menu untuk dicicipi, tipsnya pastikan menu yang dikeluarkan adalah menu andalan, dalam porsi yang banyak (jangan pelit) dan buat suasana se asik mungkin sehingga si blogger merasa nyaman, dengan begitu makanpun bisa menjadi lebih lezat. Misal kalo di bandung undangn ceritaperut.com nah abis meliput biasanya mereka akan keluarkan tulisan mengenai liputannya, di sebar juga melalui twitter.

26. Gabung dengan Sindikat
Buset kesannya mafia banget haha, yang memang sejenis perkumpulan begitu tapi ini yang khususkan pada kuliner. Dengan bergabung di sindikat/ komunitas kita bisa saling mempromosikan tempat usaha masing-masing, kalo komunitas onlinenya kuat misalnya twitternya followernya banyak maka ini akan sangat bermanfaat untuk media promo (INGAT, kalo promo harus mengandung 3 W (WOW, WAW dan WUZZ), Wow begitu liat iklannya, Waw begitu baca detailnya dan langsung Wuzz menuju cafe kita haha.

27. Online Coupont
Udah ga jaman sebarin flyer di jaman internet begini  (ga juga sih haha), sekarang jamannya sebar flyer lewat online, caranya gimana? Misal kita beriklan tweet di @kuliner_bandung nah tulis di sana seperti ini “Tunjukan tweet ini dan dapatkan discount 40% makan di @BundoKanduang “, nah so pasti “flyer” ini akan disimpan, daripada flyer cetak pasti bakal lupa atau dibuang.

28. Kalo Habis Gratis ..........
Nah coba sekali-sekali buat promo, “Makan Sosis Kami, kalo habis dalm waktu 10 menit free” nah siapkan sosis yang luar biasa gedeeeeeeeenya, sekaki gajah kalo perlu (hahaha, anaknya gaja maksudnya). Buat tantangan buat makan gratis kalo bisa menghabiskan dalam waktu tertentu.

29. Plat Mobil
Yang plat mobilnya angka ganjilnya 3 dapet discount 30% (misal, lebih gede lebih baik), haha mulai ga waras kayanya idenya yah, tapi kalo menarget yang pake mobil why not, misal platnya B1125 dan ganjilkan 3 jadi gratis discount 30%, gimana kalo ganjil semua yah discount 50% misalnya haha, khan iseng biar banyak yang ngomongin.

30. Terenak no. 2 di Dunia
Inilah kadang enaknya promosi jalanan, mau klaim paling enak se dunia juga ga ada yang urusin, tapi kalo kalaim seperti Kambing Kairo (Terenak no. 2 di Timur Tengah) kayanya lebih mantap dan asik dengarnya, dari mana klaim paling enak no.2? emangnya gua pikirin, udah pasti ga pake riset segala itu sih yang penting WOW, WAW dan WUZZ. Bosen tapi ah klaim no 1, 2 dan 3, klaim ajah ternenak no.5 di Dunia, toh di dunia ini.