Laman

Jumat, 18 September 2015

RESTAURANT MANAGER

JOB DESCRIPTION

JOB TITLE
RESTAURANT  MANAGER
DIVISION

DEPARTMENT
HUMAN RESOURCES
REPORT To
GENERAL MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
GENERAL MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES

A.      Directing & Executing

1.      Menjalankan  RESTAURANT BUSINESS PLAN yang tekah ditetapkan , termasuk staffing  (recruiting, training, councelling, waging & supervising) and stuffing (barang2 yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan operasional)

2.      Menjalankan TARGET & PROYEKSI :
a.       Sales dan profit
b.      Marketing strategi
c.       Budget Keuangan

3.      Menyiapkan laporan secara periodic (mingguan) termasuk staff control, food  & bev control, cost control, inventory control dan sales
4.      Menjalankan & mengorganisir marketing strategi yang telah ditetapkan termasuk juga event2 promosi & skema discount untuk meningkatkan jumlah customers dan sales Meng-handle kebutuhan dan complaints customers
5.      Menjalankan dan memastikan seluruh kegiatan operasional dijalankan sesuai kebijakan dan SOP yang telah ditetapkan
6.      Menjaga stock barang2 kebutuhan & melakukan pembelian sesuai perencanaan
7.      Secara umum bertanggung jawab terhadap operasional restaurant
8.      Secara berkesinambungan menetapkan dan menerapkan perbaikan system
9.      Secara berkesinambungan menyiapkan product development

JOB SUMMARY

A.     Daily
1.      Mengadakan Morning Dept. Head  briefing untuk kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya.
2.      Memeriksa kesiapan dari seluruh departmen untuk setiap kegiatan operasional.
3.      Memeriksa dan membuat suatu evaluasi laporan harian mengenai hasil penjualan disetiap closing operation.
4.      Mengontrol, mengawasi, dan menyetujui pembeliaan barang atau bahan-bahan untuk kelancaran operasional.
5.      Mengkoordinir pengawasan/pemakain, pemeliharaan, dan perawatan barang-barang milik perusahaan yang ada disetiap unitnya dan menjadi tanggung jawab penuh unit tersebut.
6.      Melakukan komunikasi dengan marketing departmen untuk membuat informasi kemungkinan bisnis, konfirmasi, VIP Treatment dalam mendukung kelancaran kerja.
7.      Mengkoordinir pengawasan atas produk barang yang di jual, disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan perusahaan.
8.      Memberikan petunjuk dan pengaearahan bila ada persoalan yang timbul kepada seluruh departmen yang ada dibawahnya.
9.      Menganalisa dan mengevaluasi dengan hasil operational baik pendapatan ataupun pengeluaran dengan semua departmen head yang terkait.
10.  Memimpin atau membina para karyawan agar dapat melaksanakan kerja dan tugasnya agar mencapai hasil kerja yang maksimal.
11.  Mengontrol dan mengawasi hasil kerja bawahannyake seluruh bagian yang ada di setiap unit bisnis usahanya.
12.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan seluruh area dan bagian agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaanya.




B.     Weekly
1.      Membuat laporan, cost, dan expenses selengkap-lengkapnya untuk di laporkan ke General Manager dua hari sebelum meeting.
2.      Mengadakan  presentasi operational report untuk weekly meeting dengan  managen dan Board of Direktors
3.      Mengumpulkan data-data marketing seperti guest comment card, complaint report untuk diserahkan ke marketing Dept, dan dibahas setiap 2 minggu di head office.
4.      Meneliti dan menganalisa efisiensi kegiatan seluruh departmen yang berhubungan dengan sales, cost, expense, keselamatan kerja, sanitasi dalam meningkatkan performance kerja yang optimal.
5.      Mengkoordinir pengawasan dan memberikan bimbingan kepada seluruh karyawan agar dapat bekerja dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.
6.      Menyususn dan membahas rencana anggaran pendapatan dan biaya dengan semua departmen yang dibawahnya.
7.      Merencanakan dan menentukan suatu tindakan yang harus diambil berdasarkan atas hasil analisa dan evaluasi agar dapat sesuai dengan rencana anggaran biaya yang telah ditentukan perusahaan.
8.      Secara rutin mengadakan rapat dengan Dept. Head untuk membahas kelancaran operational.
9.      Membahas saran yang diperoleh atau yang diberikan oleh semua tamu dengan Dept. Head dengan tujuan memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua tamu yang dapat meningkatkan citra perusahaan.
10.  Membuat operational report mengenai produktifitas dan efisiensi disetiap departmen.
11.  Mengadakan kerja sama dengan leader chef untuk membuat program chef suggestion.

C.     Periodically
1.      Merencakan event-event yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan hasil penjualan baik restoran maupun banguet paling tidak dua sampai tiga bulan sekali.
2.      Mengadakan perencanaan untuk perubahan menu dengan chef incharge koordinasi dengan Executive chef Head Office.
3.      Melakukan analisa efisiensi dan produktifitas kerja untuk setiap departmen yang harus dilakukan ke Head Office setiap bulan sekali.
4.      Mengadakan inventarisasi atas barang-barang milik perusahaan secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik.
5.      Membuat penilaian atas hasil prestasi kerja seluruh karyawan yang ada disetiap unit bisnis usahanya.
6.      Membuat suatu perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas setiap barang-barang milik perusahaan dalam rangka penambahan atau peningkatan dengan tujuan memberikan pelayanan atas setiap pelanggan dan citra perusahaan.
7.      Melakukan peninjauan serta menganalisa terhadap pesaing-pesaing terdekat dengan bisnis unit usaha untuk memperoleh atau mengetahui kegiatan pesaing dalam mengantisipasi perkembangan usaha dari competitor.
8.      Menyambut kedatangan tamu VIP dan memberikangreeting serta mengantar ke ruangan yang telah disediakan.


Menghadiri kegiatan meeting dalam segala aspek operational dan management sesuai dengan kebutuhan dari managen dan Board of Direktor.
JOB REQUIREMENT
A.     Back Ground Education
Pendidikan minimal akademi perhotelan D3 dengan di titik beratkan operational dan supervisory di food & beverage department, termasuk production, service dan management, menguasai bahasa inggris baik verbal/non verbal, hotel accounting dan pengetahuan umum.

B.     Working/Training Exerience
1.      Pengalaman kerja
Dibidang food production atau F&B Service selama minimal 3 tahun.
2.      Training
F&B Production, F&B Service, Accounting, Sales, & Marketing.

C.     Personal Skills
1.      Management Skill
-          Dapat membuat perencanaan untuk operational
-          Dapat membuat suatu analisa hasil kerja
-          Dapat menggunakan waktu yang maksimal
-          Dapat mengembangkan bawahan
-          Dapat menjalankan Visi & Misi perusahaan

2.      Technical Skill
-          Memiliki pengetahuan mengenai restaurant operational secara keseluruhan
-          Pekerja keras, berkepribadian baik dan mampu bekerja dalam tim
-          Menguasai cost control
-          Memiliki kemampuan untuk menyusun konsep pemasaran sekaligus implementasinya

3.      Physical Skill
-          Mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama
-          Mampu bertahan untuk berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama

4.      Equipment Moperated Skill
-          Computer/Laptop

D.     Report System
-          Market History
-          Operational Report
-          Business Analysis
-          Human Resources Report


GENERAL MANAGER



JOB TITLE
GENERAL MANAGER
DIVISION

DEPARTMENT
HUMAN RESOURCES
REPORT To
GENERAL MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED By
GENERAL MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED By
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES

A.     EMPLOYMENT
Planning & Directing (destination Potiton )
Bertanggung jawab atas implementasi kebijakan restoran dan memastikan berjalannya    peraturan yang telah disepakati serta kesesuaiannya dengan objektif dan strategi restoran sesuai target bisnis restoran secara menyeluruh.

1.      Menetapkan RESTAURANT BUSINESS  PLAN  melalui survey, analisa. evaluasi dan mengenali :
ü  Keinginan tamu (Customer))
ü  Trend yang ada
ü  Kompetisi / persaingan
Sesuai dengan   TUJUAN TARGET & PROYEKSI yang ditetapkan oleh PEMEGANG SAHAM

2.      Menyiapkan TARGET dan PROYEKSI
a)      Sales dan Profit
b)      Marketing Stategi
c)      Budget keuangan

3.      Menetapkan dan  memantau kontrol keuangan  ( food, beverage, service )
4.      Membuat program untuk menarik customers, mengembangkan dan menerapkan program pemasaran , periklanan dan hubungan masyrakat, mengevaluasi hasil program , mengidentifikasi dan melacak perubahan keinginan customers
5.      Mengembangkan dan menerapkan strategi meningkatkan belanja customer
6.      Menjaga operasional restaurant dengan menyiapkan kebijakan dan SOP serta menetapkan serta menetapkan standart produksi , produktivitas , kualitas produk dan service yang sesuai dengan aturan standart kebersihan, keselamatan dan efisiensi
7.      Mengontrol pembelian dan iventory serta mengambil tindakan korektif bila diperlukan
8.      Secara umum bertanggung jawab terhadap kinerja restoran
9.      Secara berkesimbungan  menetapkan dan menerapkan perbaikan system
10.  Secara berkesinambungan menyiapkan business development



Tanggung Jawab Utama
No
Uraian
Skala Waktu H/M/B/T
1
Merencanakan strategi implementasi atas kebijakan restoran  secara menyeluruh agar dapat dijalankan secara optimal
T/B
2
Memonitor pelaksanaan kebijakan dan strategi restoran  serta memastikan kelancaran pelaksanaannya agar dapat berjalan secara maksimal dan tepat
T/B
3
Mengontrol dan mengevaluasi implementasi strategi agar memperoleh masukan strategis sebagai usulan untuk kebijakan tahun berikutnya
B/M
4
Mengevaluasi dan menganalisa hasil implementasi strategi restoran  serta mencari usulan atas pemecahan masalah yang timbul
B/M
5
Mengarahkan fungsi setiap departemen dalam menjalankan strategi perusahaan
B/M
H : Harian, M : Mingguan, B : Bulanan, T : Tahunan

In                                                          Indikator
FinFinancial
:
1.
Area Pemasaran


2.
Pengeluaran


3.
Biaya Operasional


4.
Income


5.
Revenue


6.
Sales Turn Over


7.
Penggunaan Aset : Set Komputer dan Aset Fasilitas lainnya




No Non Financial
:
1.
Atasan Langsung : Direktur Utama


2.
Atasan Tidak Langsung : Komisaris


3.
Bawahan Langsung : Manager, jumlah : 1



Bawahan Langsung : Branch Manager, jumlah : 0


4.
Bawahan Tidak Langsung : Staff lainnya, jumlah : 106
Dimensi
1.
Memutuskan strategi  kebijakan per bulan dalam implementasi strategi per tahun
2.
Menangani masalah strategis dalam implementasi kebijakan perusahaan
3.
Memutuskan permasalahan tehnis strategis harian


JOB SUMMARY

A.     Daily
1.      Mengkoordinir pengawasan atas produk barang yang di jual, di sesuaikan dengan standar yang telah di tentukan oleh Perusahaan.
2.      Memberikan petunjuk dan pengarahan bila ada persoalan yang timbul kepada seluruh department yang ada.
3.      Menganalisa dan mengevaluasi dengan hasil kegiatan operasional baik pendapat ataupun pengeluaran di restoran.
4.      Memimpin atau membina para karyawan agar dapat melaksanakan kerja dan tugasnyauntuk mencapai hasil kerja yang maksimal.
5.      Mengontrol pelaksanaan pelatihan yang dilakukan untuk semua staff atau disetiap departmen bersama operational manager.
6.      Membantu dalam melakukan pelatihan produk : Squance of service, telpon courtesy, dll.
7.      Membantu operational manager dalam pemilihan karyawan teladan di akhir bulan.
8.      Bersama operational manager mengontrol pembelian dan keluar masuknya barang di restoran.
9.      Bertanggung jawab keseluruhan mengenai semua bentuk pinjaman karyawan (kas bon) ke perusahaan
10.  Memberikan masukan bila di rasa perlu kepada department head guna kelancaran operasional.
11.  Bekerjasama dengan operational manager dalam pembuatan program promosi yang akan dilaksanakan untuk restoran.
12.  Bertanggung jawab terhadap administrasi perusahaan mengenal penggajian, dan absensi.
13.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan seluruh area dan bagian agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaannya


B.     Periodically

1.      Merencanakan event-event yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan hasil penjualan, baik restoran maupun banguet paling tidak dua sampai tiga bulan sekali.
2.      Melakukan analisa efisiensi dan produktifitas kerja untuk setiap departmen.
3.      Mengadakan inventarisasi atas barang-barang milik perusahaan secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik.
4.      Membuat penilaian atas hasil prestasi kerja seluruh karyawan yang ada.
5.      Membuat suatu perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas setisp barang-barang milik perusahaan dalam rangka penambahan atau peningkatan dengan tujuan memberikan pelayanan atas setiap pelanggan dengan citra perusahaan.
6.      Melakukan peninjauan serta menganalisa terhadap pesaing-pesaing terdekat dengan bisnis unit usaha untuk memperoleh atau mengetahui kegiatan pesaing dalam mengantisipasi perkembangan usaha dari competitor.


7.      Menyambut kedatangan tamu VIP dan memberikan greeting serta mengantar ke ruangan yang telah disediakan.

>>>>>>>>>>>>JOB DESK RESTAURANT MANAGER