Laman

Selasa, 30 Mei 2017

Flowchart Restaurant

Flowchart :
  1. Sebagai Dokumentasi Prosedur Kerja dalam ISO
  2. Sebagai pedoman untuk menjalankan Operasional
  3. Sebagai pedoman untuk melakukan pelatihan terhadap Karyawan baru
  4. Sebagai benchmark (patokan)
  5. Sebagai Peta kerja untuk mencegah terjadi kehilangan arah
  6. Untuk mempermudah pengambilan keputusan













Sabtu, 19 September 2015

RESPONSIBILITIES CLEANING SERVICE

JOB DESCRIPTION
JOB TITLE
CLEANING SERVICE
DIVISION

DEPARTMENT
HUMAN RESOURCES
REPORT TO
HRD
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
RESTAURANT MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES
A.    EMPLOYMENT
JOB SUMMARY
Cleaning Service, seksi yang mempunyai tugas dan tangggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area umum, khususnya toilet halaman restoran (kebun dan taman).yang mana dikerjakan denga rutinitas, berkala, dan selalu menggunkan cek list. Walaupum sebagai pembersih area restaoran seorang CS diwajibkan tetap senyum dan ramah terhadap siapapu khususnya tamu restoran

A.     Task/ Pekerjaan
1.      Memelihara kebersihan dan kesehatan di seluruh area perusahaan Gubug Makan Mang Engking The Brreze BSD City
2.      Melaksanakan pelayanan kepada tamu, kebersihan dan keindahan outlet
3.      Memelihara dan menjamin kebersihan public toilet
4.      Memelihara dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, employee toilet, EDR, dan seluruh area GMME The Breeze BSD City
5.      Melaksanakan tugas perintah atasan

B.     Responsibility
Ø  Bertanggung jawab untuk selalu menjamin pelaksanaan kebersihan dan kesehatan serta keindahan public area dan employee area

C.     Daily
1.      Mengikuti morning briefing operational department
2.      Membaca dan mendapat informasi event hari itu daro log book
3.      Menyiapkan alat dan bahan kimia sesuai dengan kebutuhan
4.      Melaksanakan tugas kebersihan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
5.      Mengatur dan membersihkan perlengkapan di seluruh outlet sesuai dengan standart yang telah di tetapkan
6.      Membersihkan peralatan kerja dan menyimpan kembali pada tempat yang telah di tetapkan 

D.     Weekly
1.      Mengatur operational meeting
2.      Melaksanakan general cleaning di area sesuai perintah atasan
3.      Memeriksa seluruh bahan kimia dan peralatan yang di gunakan

E.      Authorization/ Kewenangan
Ø  Berwenang mengajukan dan melaporkan hal – hal yang berhubungan dengan kebersihan, kenyamanan, dan keindahan area perusahaan

F.      Work Relationshi
Ø  Koordinasi hubungan kerja dengan department lain terutama yang berhubungan pelaksanaan tugas kebersihan dan kenyamanan area perusahaan


JOB REQUIREMENT
G.    Back Ground Education
Syarat – syarat Cleaning Service:


Pendidikan      : SMU
Pengalaman     : 1 tahun

Usia                 : 19 – 25 tahun

GROOMING DISWASHER

qRambut tidak panjang dan tidak melebihi telinga
qTidak berkumis dan ber jenggot
qDianjurkan memakai minyak rambut supaya kelihatan fresh
qMemakai seragam / uniform sesuai dengan ketentuan perusahaan serta bersih dan rapih
qApron selalu dipakai disaat berada diarea kerja (Diswasher area)
qMemakai celana bahan katun warna hitam
qMemakai sepatu BOT warna hitam / hijau tua bersih beserta kaos kaki hitam / gelap
qMemakai name tag disebelah kanan dada
qMemakai parfum
qTidak memakai perhiasan / aksesoris yang berlebihan
qKuku tangan tidak panjang

qTidak memakai anting / tindik 

GROOMING WAITER'S

qRambut tidak panjang dan tidak melebihi telinga
qTidak berkumis dan ber jenggot
qDianjurkan memakai minyak rambut supaya kelihatan fresh
qMemakai seragam / uniform sesuai dengan ketentuan perusahaan serta bersih dan rapih
qMemakai celana bahan warna hitam
qMemakai sepatu kulit warna hitam bersih beserta kaos kaki hitam / gelap
qSelalu membawa bolpoint & captain order
qMemakai jam tangan
qMembawa sapu tangan
qMembawa sisir rambut kecil
qMemakai name tag disebelah kanan dada
qMemakai parfum
qTidak memakai perhiasan / aksesoris yang berlebihan
qKuku tangan tidak panjang

qTidak memakai anting / tindik 

JOB DESCRIPTION WAITER/SS

JOB DESCRIPTION

JOB TITLE
WAITER/SS
DIVISION

DEPARTMENT
F&B SERVICE
REPORT TO
CAPTAIN
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
RESTAURANT MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER

DUTIES AND RESPONSIBILITIES
A.    EMPLOYMENT

JOB SUMMARY

B.     TASK
1.      Menjalankan standar operasional prosedur high quality of service yang telah ditentukan oleh management
2.      Menyiapkan peralatan operasional F&B Service sesuai dengan kebutuhan tamu
3.      Menjalankan tugas dan fungsi-fungsi sebagai seorang tenaga pelaksana
4.      Mengecek serta memelihara barang-barang ke seluruh F&B Service yang ada untuk di inventarisasi
5.      Mengawasi serta membantu kepada F&B Runner dalam pelaksanaan operasional
6.      Menjalankan dan menerima instruksi dari atasan
7.      Menguasai menu knowledge F&B Service


C.    RESPONSIBILITY
1.      Bertanggung jawab terhadap jalannya operasional F&B Service dengan mengutamakan high quality service section masing-masing
2.      Bertanggung jawab dalam penyajian makanan sesuai dengan high quality of service
3.      Bertanggung jawab terhadap kebersihan di area F&B Service
4.      Bertanggung jawab terhadap pengontrolan kebutuhan equipment per section


D.    AUTHORIZATION
1.      Mentransper/memasukan data yang ada di captain order ke point of sales
2.      Mempunyai wewenang dalam memberikan intruksi kepada bawahan untuk memenuhi kebutuhan tamu







E.     JOB TASK
A.     Daily
1.      Melaksanakan aturan-aturan yang ditetapkan management
2.      Menghadiri opening dan closing briefing untuk memberikan informasi hasil kegiatan operasional di F&B Service
3.      Melaksanakan dan memberikan proses pelayanan terhadap tamu sesuai dengan standar high quality of service yang telah ditetapkan management
4.      Menjaga kebersihan area kerja sesuai dengan “JOB ASSIGNMENT”
5.      Mengadakan komunikasi kepada tamu dengan tujuan untuk meningkatkan target penjualan
6.      Melakukan inventory setiap side stand yang telah ditetapkan untuk operasional
7.      Menggunakan serta menjaga kebersihan public area, stall, & lobby

B.     Weekly
1.      Melakukan pengorderan kebutuhan barang untuk operasional F&B Service
2.      Mengecek kesiapan untuk pelaksanaan event-event berdasarkan banquet checklist
3.      Mengadakan general cleaning di F&B Service
4.      Mengadakan acara feed back interaktif sesama mitra kerjanya


C.     Periodically
1.      Melaksanakan dan mengecek inventory peralatan F&B Service
2.      Menjaga dan memelihara barang-barang asset perusahaan
3.      Menghadiri meeting sesuai kebutuhan operasional


JOB REQUIREMENT

A.     Background Education
Pendidikan minimal akademi perhotelan menitik beratkan operasional & supervisory di food and beverage. Termasuk production, service, management, dan mengusai bahasa inggris baik verbal maupun non verbal, hotel, accounting, & pengetahuan umum.


B.     Working/Training Experience
1.      Pengalaman kerja, dibidang food & beverage service (restaurant) minimal 1 tahun
2.      Training, memiliki pengalaman on the job training di restoran sebagai waiter/waitress

C.     Personal Skill
1.      Management Skill
ü  Dapat menjalankan intruksi atasan secara objective
ü  Dapat meng-efisiensi sistem kerja F&B Service
ü  Dapat menggunakan waktu secara maksimal
ü  Dapat menjalankan Visi & Misi perusahaan



2.      Technical Skill
ü  Memiliki tehnik penjualan secara maksimal
ü  Memiliki pengetahuan tentang SOP restaurant dan banquet

3.      Physical Skill
ü  Mampu berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama
ü  Mampu bertahan berdiri dan berjalan dalam waktu yang cukup lama


4.      Equipment Operated
ü  Meengetahui operated point of sales
ü  Mengetahui penggunaan peralatan di lingkungan F&B Service

D.     Report System
1.      F&B Service report
2.      Inventory
3.      Requestion