Unsur2 dalam TQM
•
FOKUS pada PELANGGAN
Pelanggan terdiri dari Pelanggan External dan Pelanggan
Internal, dimana keduanya merupakan unsur penggerak.
Pelanggan
eksternal menentukan kualitas produk atau jasa yang disampaikan kepada mereka.
Pelanggan internal berperan besar dalam
menentukan kualitas tenaga kerja, proses,
dan lingkungan yang berhubungan dengan produk atau jasa.
• OBSESI pada KWALITAS
Dengan adanya kualitas yang telah ditetapkan, organisasi harus terobsesi untuk memenuhi atau melebihi apa yang telah
ditentukan sebelumnya. Hal ini berarti bahwa semua karyawan pada tiap
level berusaha melaksanakan setiap aspek pekerjaannya berdasarkan perspektif
untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik.
• PENDEKATAN ILMIAH
Pendekatan ilmiah diperlukan dalam penerapan TQM, terutama untuk
mendesain pekerjaan dan dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan
masalah yang berkaitan dengan pekerjaan yang didesain tersebut.
•
KOMITMEN JANGKA PANJANG
TQM merupakan suatu paradigma baru dalam melaksanakan bisnis. Untuk
itu, dibutuhkan budaya perusahaan yang baru pula. Oleh karena itu, komitmen
jangka panjang sangat penting guna mengadakan perubahan budaya agar penerapan
TQM dapat berjalan dengan sukses.
•
KERJASAMA TEAM (TEAM
WORK)
Dalam organisasi yang menerapkan TQM, kerjasama tim, kemitraan dan
hubungan dijalin dan dibina, baik antar karyawan perusahaan maupun dengan
pemasok, lembaga-lembaga pemerintahan, dan masyarakat sekitarnya.
§ PERBAIKAN SISTIM SECARA BERKESINAMBUNGAN (CONTINUOUS IMPROVEMENT)
Setiap produk atau jasa dihasilkan melalui proses-proses
tertentu di dalam suatu sistem / lingkungan. Olehkarena itu, sistem
yang ada perlu diperbaiki secara terus-menerus agar kualitas yang dihasilkannya
dapat semakin meningkat.
§
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Dalam menerapkan TQM, pendidikan dan pelatihan merupakan faktor yang
fundamental untuk dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain, apalagi
dalam era persaingan global.
§
KEBEBASAN YANG
TERKENDALI
Kebebasan berpendapat, saran, idea, yang timbul karena keterlibatan dan
pemberdayaan karyawan merupakan hasil dari pengendalian yang terencana dan
terlaksana dengan baik.
§
KESATU TUJUAN
Agar TQM dapat diterapkan dengan baik, maka perusahaan harus memiliki
kesatuan tujuan. Dengan demikian, setiap usaha dapat diarahkan pada tujuan yang
sama.
§
KETERLIBATAN dan
PEMBERDAYAAN KARYAWAN
Keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan hal yang penting dalam
penerapan TQM. Tujuan pelibatan dan pemberdayaan adalah untuk meningkatkan
kemampuan organisasi untuk memberikan customer value.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar