Laman

Jumat, 09 Juni 2017

UNSUR UNSUR DALAM TQM

Unsur2 dalam TQM

      FOKUS pada PELANGGAN
      Pelanggan terdiri dari Pelanggan External dan Pelanggan Internal, dimana keduanya merupakan unsur penggerak.
     Pelanggan eksternal menentukan kualitas produk atau jasa yang disampaikan kepada mereka.
     Pelanggan internal berperan besar dalam menentukan kualitas  tenaga kerja, proses, dan lingkungan yang berhubungan dengan produk atau jasa.

      OBSESI pada KWALITAS
      Dengan adanya kualitas yang telah ditetapkan, organisasi harus terobsesi untuk memenuhi atau melebihi apa yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini berarti bahwa semua karyawan pada tiap level berusaha melaksanakan setiap aspek pekerjaannya berdasarkan perspektif untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik.

      PENDEKATAN ILMIAH
      Pendekatan ilmiah diperlukan dalam penerapan TQM, terutama untuk mendesain pekerjaan dan dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan yang didesain tersebut.

      KOMITMEN JANGKA PANJANG
 TQM merupakan suatu paradigma baru dalam melaksanakan bisnis. Untuk itu, dibutuhkan budaya perusahaan yang baru pula. Oleh karena itu, komitmen jangka panjang sangat penting guna mengadakan perubahan budaya agar penerapan TQM dapat berjalan dengan sukses.

      KERJASAMA TEAM (TEAM WORK)
 Dalam organisasi yang menerapkan TQM, kerjasama tim, kemitraan dan hubungan dijalin dan dibina, baik antar karyawan perusahaan maupun dengan pemasok, lembaga-lembaga pemerintahan, dan masyarakat sekitarnya.

§  PERBAIKAN SISTIM SECARA BERKESINAMBUNGAN (CONTINUOUS IMPROVEMENT)
 Setiap produk atau jasa dihasilkan melalui proses-proses tertentu di dalam suatu sistem / lingkungan. Olehkarena itu, sistem yang ada perlu diperbaiki secara terus-menerus agar kualitas yang dihasilkannya dapat semakin meningkat.

§  PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
      Dalam menerapkan TQM, pendidikan dan pelatihan merupakan faktor yang fundamental untuk dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain, apalagi dalam era persaingan global.

§  KEBEBASAN YANG TERKENDALI
      Kebebasan berpendapat, saran, idea, yang timbul karena keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan hasil dari pengendalian yang terencana dan terlaksana dengan baik.

§  KESATU TUJUAN
      Agar TQM dapat diterapkan dengan baik, maka perusahaan harus memiliki kesatuan tujuan. Dengan demikian, setiap usaha dapat diarahkan pada tujuan yang sama.

§  KETERLIBATAN dan PEMBERDAYAAN KARYAWAN
      Keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan hal yang penting dalam penerapan TQM. Tujuan pelibatan dan pemberdayaan adalah untuk meningkatkan kemampuan organisasi untuk memberikan customer value.



Tidak ada komentar: