Membuka serta memiliki sebuah restoran adalah merupakan idaman beberapa orang , tidak hanya dari perindividu saja, namun beberap perusahaanpun ingin memiliki bisnis restoran. Selain untuk mereka tempat pertemuan atau kumpul bareng sesama teman bisnisnya. Dikarenakan bisnis restoran menghasilkan uang cash, serta bila mana usaha tersebut maju. pengusaha dapat menjualkan brand atau merek usahanya di francise - kan....SURYA PANGKAPI 08118172172
Jumat, 23 Juni 2017
Jumat, 09 Juni 2017
UNSUR UNSUR DALAM TQM
Unsur2 dalam TQM
•
FOKUS pada PELANGGAN
Pelanggan terdiri dari Pelanggan External dan Pelanggan
Internal, dimana keduanya merupakan unsur penggerak.
Pelanggan
eksternal menentukan kualitas produk atau jasa yang disampaikan kepada mereka.
Pelanggan internal berperan besar dalam
menentukan kualitas tenaga kerja, proses,
dan lingkungan yang berhubungan dengan produk atau jasa.
• OBSESI pada KWALITAS
Dengan adanya kualitas yang telah ditetapkan, organisasi harus terobsesi untuk memenuhi atau melebihi apa yang telah
ditentukan sebelumnya. Hal ini berarti bahwa semua karyawan pada tiap
level berusaha melaksanakan setiap aspek pekerjaannya berdasarkan perspektif
untuk melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik.
• PENDEKATAN ILMIAH
Pendekatan ilmiah diperlukan dalam penerapan TQM, terutama untuk
mendesain pekerjaan dan dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan
masalah yang berkaitan dengan pekerjaan yang didesain tersebut.
•
KOMITMEN JANGKA PANJANG
TQM merupakan suatu paradigma baru dalam melaksanakan bisnis. Untuk
itu, dibutuhkan budaya perusahaan yang baru pula. Oleh karena itu, komitmen
jangka panjang sangat penting guna mengadakan perubahan budaya agar penerapan
TQM dapat berjalan dengan sukses.
•
KERJASAMA TEAM (TEAM
WORK)
Dalam organisasi yang menerapkan TQM, kerjasama tim, kemitraan dan
hubungan dijalin dan dibina, baik antar karyawan perusahaan maupun dengan
pemasok, lembaga-lembaga pemerintahan, dan masyarakat sekitarnya.
§ PERBAIKAN SISTIM SECARA BERKESINAMBUNGAN (CONTINUOUS IMPROVEMENT)
Setiap produk atau jasa dihasilkan melalui proses-proses
tertentu di dalam suatu sistem / lingkungan. Olehkarena itu, sistem
yang ada perlu diperbaiki secara terus-menerus agar kualitas yang dihasilkannya
dapat semakin meningkat.
§
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Dalam menerapkan TQM, pendidikan dan pelatihan merupakan faktor yang
fundamental untuk dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan lain, apalagi
dalam era persaingan global.
§
KEBEBASAN YANG
TERKENDALI
Kebebasan berpendapat, saran, idea, yang timbul karena keterlibatan dan
pemberdayaan karyawan merupakan hasil dari pengendalian yang terencana dan
terlaksana dengan baik.
§
KESATU TUJUAN
Agar TQM dapat diterapkan dengan baik, maka perusahaan harus memiliki
kesatuan tujuan. Dengan demikian, setiap usaha dapat diarahkan pada tujuan yang
sama.
§
KETERLIBATAN dan
PEMBERDAYAAN KARYAWAN
Keterlibatan dan pemberdayaan karyawan merupakan hal yang penting dalam
penerapan TQM. Tujuan pelibatan dan pemberdayaan adalah untuk meningkatkan
kemampuan organisasi untuk memberikan customer value.
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Komponen
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Tujuan
:
Perbaikan
terus menerus, artinya mutu selalu diperbaiki &
disesuaikan
dengan PERUBAHAN yang menyangkut kebutuhan
&
keinginan para pelanggan
Prinsip
:
Fokus
pada Pelanggan, Perbaikan Proses & Keterlibatan Total
Elemen
:
Kepemimpinan,
Pendidikan & Pelatihan, Struktur Pendukung,
Komunikasi,
Reward & Punishment, Pengukuran / Evaluasi
Definisi Total Quality
Ø
Suatu cara meningkatkan performansi secara
terus-menerus (continuous performance improvement) pada setiap level operasi
atau proses, dalam setiap area fungsional dari suatu organisasi, dengan
menggunakan semua sumber daya manusia dan modal yang tersedia.”
Ø
Sistim terstruktur dengan serangkaian alat, teknik, dan
filosofi yang didisain untuk menciptakan budaya perusahaan yang memiliki fokus
terhadap konsumen, melibatkan partisipasi aktif pekerja, dan perbaikan kualitas
terus-menerus dengan tujuan agar sesuai dengan harapan konsumen.”
Ø
Inovasi manajerial yang menekankan komitmen total
organisasi kepada pelanggan dan untuk terus-menerus melakukan perbaikan
setiap proses melalui penggunaan pendekatan pemecahan masalah, digerakkan
oleh data, didasarkan pada pemberdayaan kelompok- kelompok dan tim-tim
karyawan.”
Total Quality Management (TQM) (1)
Total Quality Management (TQM)
Latar Belakang :
Dalam persaingan yang semakin tajam, hanya
perusahaan yang berkualitas yang mampu untuk memenangkan persaingan.
Kualitas menjadi hal utama yang menjadi titik fokus
setiap perusahaan.
Berbagai hal dilakukan untuk meningkatkan kualitas
yang diterapkan pada produk, pelayanan dan manajemen perusahaan, demi menghasilkan produk
& jasa dengan kualitas yang lebih baik, harganya lebih murah, penyerahan
barang ke konsumen lebih cepat, pelayanan yang lebih baik dan promosi yang lebih efektife
Kualitas, bukan hanya kualitas produk, tetapi harus ditinjau dr segala
aspek :
Ø
Kualitas Bahan Mentah
Ø
Kualitas Supplier
Ø
Kualitas SDM yang mampu
bekerja efisien sehingga harga produk bisa lebih murah
Ø
Kualitas Proses
Ø
Kualitas Pelayanan
Ø
Kualitas Promosi yang
efektif (bermutu) sehingga mampu memikat para pelanggan / calon pelanggan
Kesemuanya ini pada
gilirannya akan meningkatkan jumlah pelanggan
lebih efektif
Rabu, 31 Mei 2017
Selasa, 30 Mei 2017
Langganan:
Postingan (Atom)